PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI YANG DIBACA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Falah Panumbangan Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021)

Nuraeni, Elin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI YANG DIBACA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Falah Panumbangan Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (245kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (329kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (426kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)

Abstract

Secara tersurat dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa menelaah dan menyajikan teks persuasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut diperlukan proses pembelajaran yang bervariatif. Salah satunya dengan model pembelajaran two stay two stray Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap meneelaah struktur dan kaidah serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Falah Panumbangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretest dan postest kemampuan menelaah dan menyajikan teks persuasi di kelas eksperimen dan kelas control. Nilai rata-rata pretest kemampuan menelaah struktur teks persuasi di kelas eksperimen sebesar 54,90 sedangkan di kelas kontrol sebanyak 51,14 dan rata-rata nilai postest kemampuan menelaah struktur teks persuasi di kelas eksperimen sebesar 84,45 sedangkan di kelas kontrol sebesar 72,22. Artinya di kelas eksperimen mengalami perubahan sebanyak 53%, sedangkan di kelas control hanya mengalami perubahan sebanyak 41%. Nilai pretest kemampuan menyajikan teks persuasi di kelas eksperimen sebesar 56,20 sedangkan di kelas kontrol 61,2, kemudian rata-rata nilai postest kemampuan menyajikan teks persuasi di kelas eksperimen sebesar 85,80, sedangkan di kelas kontrol sebesar 84,6. Artinya di kelas eksperimen mengalami perubahan sebanyak 52% sedangkan di kelas control hanya mengalami perubahan sebanyak 38%. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui nilai bersistribusi tidak normal, sehingga perhitungan dilanjutkan menggunakan uji Wilcoxon dengan tarif kesignifikanan (0,001). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran two stay two stray berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menenlaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks persuasi. Artinya, hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:55
Last Modified: 02 Feb 2024 02:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item