SAGITA, ELSA LASMINI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT, DISCUSS, EXPLAIN, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover_Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (117kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmi.pdf Download (109kB) |
|
Text
6. Ucapan Terimakasih_Elsa Lasmini Sagit.pdf Download (352kB) |
|
Text
4. Abstrak_Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (389kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar_Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (158kB) |
|
Text
7. Daftar Isi_Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (442kB) |
|
Text
8. BAB 1_Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (284kB) |
|
Text
9. BAB 2_Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (699kB) |
|
Text
10. BAB 3 _ Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (431kB) |
|
Text
11. BAB 4 _ Elsa Lasmini Sagita.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5 _ Elsa Lasmini Sagita.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
13. Dapus_Elsa Lasmini Sagita.pdf Download (242kB) |
|
Text
14. Lampiran_Elsa Lasmini Sagita.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. Riwayat Hidup_Elsa Lasmini Sagita.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi elastisitas bahan diperoleh skor rata-rata 38,46% dari 34 peserta didik dengan kategori kurang dan kurangnya inovasi penerapan model dalam proses pembelajaran Fisika. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA MAN 3 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 214 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 8 butir yang mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis pada materi elastisitas bahan. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik yaitu uji t dengan taraf signifikan (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:34 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11969 |
Actions (login required)
View Item |