ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT

DJASMINE, RACHMA AULIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (854kB)
[img] Text
3 SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (592kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (102kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
11BAB 1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (642kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (666kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari self-concept. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self-concept dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self-concept dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive yaitu peserta didik yang menjawab seluruh indikator kemampuan berpikir kritis matematis tanpa melihat benar atau salah pada materi SPLDV dengan self-concept tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek (S2T, S11S, S5R) dapat menjawab indikator Interpretasi dan Analisis dengan tepat yaitu mampu menuliskan diketahui dan ditanyakan dengan tepat, mampu menuliskan hubungan antar konsep yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat. S2T pada indikator Evaluasi, mampu mengunakan langkah-langkah yang benar untuk menyelesaikan permasalahan, pada indikator Inferensi, mampu menarik kesimpulan dari permasalahan dengan tepat. S11S pada indikator Evaluasi, mampu mengunakan langkah-langkah yang benar, namun terdapat kesalahan dalam menuliskan informasi, pada indikator Inferensi, mampu menarik kesimpulan dari permasalahan, namun menuliskan informasi yang tidak sesuai dikarenakan mengalami kesulitan dalam perhitungan. S5R pada indikator Evaluasi, mampu mengunakan langkah-langkah pengerjaan untuk memecahkan masalah, namun tidak dijabarkan secara sistematis karena subjek ragu-ragu, pada indikator Inferensi, mampu menarik kesimpulan meskipun hanya berupa perkiraan, karena jawaban didapatkan dengan cara coba-coba. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-concept

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:18
Last Modified: 02 Feb 2024 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item