DJASMINE, RACHMA AULIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (221kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (854kB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf Download (281kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (592kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (287kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (279kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (102kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (280kB) |
|
Text
11BAB 1.pdf Download (398kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (642kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (666kB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari self-concept. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self-concept dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self-concept dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive yaitu peserta didik yang menjawab seluruh indikator kemampuan berpikir kritis matematis tanpa melihat benar atau salah pada materi SPLDV dengan self-concept tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek (S2T, S11S, S5R) dapat menjawab indikator Interpretasi dan Analisis dengan tepat yaitu mampu menuliskan diketahui dan ditanyakan dengan tepat, mampu menuliskan hubungan antar konsep yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat. S2T pada indikator Evaluasi, mampu mengunakan langkah-langkah yang benar untuk menyelesaikan permasalahan, pada indikator Inferensi, mampu menarik kesimpulan dari permasalahan dengan tepat. S11S pada indikator Evaluasi, mampu mengunakan langkah-langkah yang benar, namun terdapat kesalahan dalam menuliskan informasi, pada indikator Inferensi, mampu menarik kesimpulan dari permasalahan, namun menuliskan informasi yang tidak sesuai dikarenakan mengalami kesulitan dalam perhitungan. S5R pada indikator Evaluasi, mampu mengunakan langkah-langkah pengerjaan untuk memecahkan masalah, namun tidak dijabarkan secara sistematis karena subjek ragu-ragu, pada indikator Inferensi, mampu menarik kesimpulan meskipun hanya berupa perkiraan, karena jawaban didapatkan dengan cara coba-coba. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-concept
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 01:18 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 01:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11957 |
Actions (login required)
View Item |