LESTARI, WITA PUZI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) BERBANTUAN SIMULASI VASCAK.CZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (206kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Download (208kB) |
|
Text
6. Ucapan Terimakasih.pdf Download (73kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (275kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (263kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (175kB) |
|
Text
8. Bab 1 (15-22).pdf Download (152kB) |
|
Text
9. Bab 2 (23-40).pdf Download (533kB) |
|
Text
10. Bab 3 (41-56).pdf Download (659kB) |
|
Text
11. Bab 4 (57-73).pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
Text
12. Bab 5 (74-75).pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka (76-79).pdf Download (145kB) |
|
Text
14. Lampiran (80-227).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
15. Riwayat Hidup (228).pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Pembelajaran Fisika di SMAN 3 Tasikmalaya menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru, dimana pembelajaran lebih memfokuskan kepada perhitungan atau matematisnya saja. Selain itu, kegiatan praktikum hanya dilakukan oleh kelas XII untuk ujian praktek, sehingga pemahaman konsep peserta didik dalam kategori rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan berbantuan simulasi vascak.cz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA 3 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel penelitian diambil kelas dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan rincian masing-masing kelas berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda bertingkat dua tingkat atau two tier test pada materi elastisitas bahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). hasil uji hipotesis menggunakan uji r taraf signifikan (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 08:07 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 08:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11949 |
Actions (login required)
View Item |