JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTIONS ON GAME-BASED ENGLISH VOCABULARY TEACHING

Wijayanti, Amanda (2023) JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTIONS ON GAME-BASED ENGLISH VOCABULARY TEACHING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
5. MOTTO.pdf

Download (89kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (127kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris menjadi semakin penting di Indonesia, sebagaimana tercantum dalam kurikulum Indonesia sekarang, Kurikulum Merdeka, yang menekankan bahwa dalam pengajaran Bahasa Inggris terdapat empat keterampilan: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, guru perlu menemukan cara-cara kreatif dalam mengajarkan bahasa tersebut. Salah satu solusi potensial untuk menciptakan pembelajaran bermakna adalah melalui penggunaan permainan. Permainan dapat membantu siswa mengingat pengalaman belajar dan meningkatkan kemampuan kosakata mereka. Penelitian ini berfokus pada mengeksplorasi perspektif guru tentang penggunaan permainan dalam pengajaran kosakata. Selain itu, tiga peserta dilibatkan dalam penelitian ini, mereka adalah guru bahasa Inggris sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Indonesia yang telah menggunakan permainan sebagai media dalam proses pengajaran kosakata bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur. Peneliti menggunakan analisis tematik transkrip wawancara partisipan untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pengajaran kosakata bahasa Inggris, permainan dapat meningkatkan beberapa hal secara signifikan. Seperti, keterlibatan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran kosakata tinggi, siswa menjadi lebih antusias dalam belajar kosakata Bahasa Inggris, peningkatan dalam pemahaman dan retensi kosakata siswa. Selain itu, pengimplementasian games juga membuat guru lebih menikmati dan antusias dalam mengajarkan materi kosakata bahasa Inggris. Kata Kunci: Kosakata Bahasa Inggris, Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Permainan, Persepsi Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:24
Last Modified: 01 Feb 2024 03:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11925

Actions (login required)

View Item View Item