MUHSIN, RAIS (2023) PEMASARAN DOMBA DI PASAR HEWAN TRADISIONAL CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
5. PENGESAHAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (261kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
|
Text
4 ABSTRACT.pdf Download (90kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (270kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (120kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (84kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.doc.pdf Download (81kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (130kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (197kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (250kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
16 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
Text
19 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan, margin pemasaran, dan farmer’s share, serta efisiensi pemasaran domba di Pasar Hewan Tradisional Ciawi kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan survei, penentuan responden dengan snowball sampling terdiri dari 17 orang pedagang pengumpul, 2 orang pedagang besar, dan 12 orang pedagang pengecer. Lokasi penelitian di Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya dari Mei 2023-Desember 2023. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Peternak → Pedagang pengumpul → Konsumen; Saluran II: Peternak → Pedagang pengumpul → Pedagang pengecer → Konsumen; Saluran III: Peternak → Pedagang pengumpul → Pedagang besar → Pedagang pengecer → Konsumen. Fungsi pemasaran yang dilaksanakan yaitu fungsi pertukaran berupa penjualan dan pembelian dilakukan seluruh lembaga pemasaran pada masing-masing saluran, Semua lembaga pemasaran pada setiap saluran melaksanakan fungsi fisik berupa pengangkutan dan penyimpanan kecuali pedagang pengecer pada saluran pemasaran II. Fungsi fasilitas berupa standarisasi, pembiayaan, penanggungan risiko, dan informasi pasar dilakukan seluruh lembaga pemasaran pada masing-masing saluran. Biaya pemasaran saluran I, II, dan III yaitu sebesar Rp. 24.667/ekor, Rp. 33.278/ekor, dan Rp. 54.821/ekor. Keuntungan pemasaran saluran I, II, dan III yaitu sebesar Rp. 196.242/ekor, Rp. 370.611/ekor, dan Rp. 461.997/ekor. Margin pemasaran saluran I, II, dan III adalah Rp. 220.909/ekor, Rp. 403.889/ekor, dan 516.818/ekor. Farmer’s share pada masing-masing saluran I, II, dan III adalah sebesar 89,88 persen, 84,84 persen, dan 80,88 persen. Saluran pemasaran I, II, dan III sudah efisien. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Domba
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:30 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11901 |
Actions (login required)
View Item |