ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Karangnunggal Tahun Ajaran 2022/2023)

NURJANAH, ESA (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Karangnunggal Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (166kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini tentang motivasi belajar dengan ttujuan untuk mengetahui bagaimana faktor cita-cita atau aspirasi, faktor kemampuan belajar, faktor kondisi siswa, faktor kondisi lingkungan, faktor unsur-unsur dinamis dalam belajar dan faktor upaya guru membelajarkan siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Karangnunggal tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 144 peserta didik. Pada sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Pada uji Validitas menggunakan Korelasi Pearson dan uji Reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan analisis Deskriptif Presentase dan analisis faktor dengan menggunakan Confirmatory Faktor Analisis. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu faktor cita-cita atau aspirasi dengan nilai presentase 59,0% dan eigenvalues sebesar 3,968 serta variance nya sebesar 9,679%, faktor kemampuan belajar dengan nilai presentase 44,4% dan eigenvalues sebesar 2,497 serta variance nya sebesar 6,090, faktor kondisi siswa dengan nilai presentase 38,9% dan eigenvalues sebesar 1,161 serta variance nya sebesar 2,830%, faktor kondisi lingkungan dengan nilai presentase 42,4% dan eigenvalues sebesar 1,659 serta variance nya sebesar 4,047%, faktor unsur-unsur dinamis dalam belajar dengan nilai presentase 51,4% dan eigenvalues sebesar 3,164 serta variance nya sebesar 7,718%, faktor upaya guru membelajarkan siswa dengan nilai presentase 59,7% dan eigenvalues sebesar 16,966 serta variance nya sebesar 41,381%. Kata kunci: analisis faktor konfirmatori dan presentase, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:15
Last Modified: 31 Jan 2024 06:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item