PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN

MULDIANA, FITRIANI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (721kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (27kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (25kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (297kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (277kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan produk e-modul interaktif berbasis etnomatematika pada materi lingkaran dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap produk yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Teknik pengumpulan data penelitian ini angket dan wawancara. Subjek penelitian ini 20 orang peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Cipaku yang sudah menerima materi lingkaran dan 2 orang guru matematika. Data hasil penelitian didapat dari lembar validasi ahli, lembar respon peserta didik dan lembar respon guru yang dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini berupa produk e-modul interaktif berbasis etnomatematika pada materi lingkaran. Tahapan define menghasilkan pemilihan e-modul sebagai bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan analisis masalah, serta mendapatkan KD, IPK dan tujuan pembelajaran yang akan dimasukkan pada e-modul. Tahap design ini menghasilkan kuesioner untuk para ahli materi, media, respon peserta didik dan respon guru juga menetapkan e-modul interaktif berbasis etnomatematika sebagai bahan ajar untuk pembelajaran mandiri. Tahapan selanjutnya development yang meliputi uji kelayakan produk kepada para ahli dan uji coba kelompok kecil dan uji coba skala luas pada peserta didik. Tahapan terakhir dissemination menyebarluaskan produk ke para guru di sekolah dan mengisi angket respon guru untuk mengetahui ketertarikan guru terhadap produk yang dikembangkan. Hasil respon guru mendapatkan respon yang sangat baik. Respon peserta didik terhadap e-modul interaktif berbasis etnomatematika pada materi lingkaran mendapatkan respon yang sangat baik yaitu ukuran dan jenis huruf mudah dibaca; bahasa yang digunakan mudah dipahami; materi mudah dipahami; membuat bersemangat belajar matematika; tampilannya menarik; pengadaan gambar dan video menarik; meningkatkan motivasi belajar; menambah wawasan budaya; membuat siswa belajar secara mandiri; terdapat evaluasi yang dapat menguji pemahaman materi; dapat digunakan kembali apabila ingin mempelajari kembali; terdapat petunjuk yang mudah dipahami; mudah diakses; dapat digunakan multiplatform. Kata kunci: E-Modul Interaktif, Etnomatematika, Lingkaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:20
Last Modified: 31 Jan 2024 03:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item View Item