Nurbayani, Dewi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (364kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (63kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (141kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (190kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (166kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (350kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (222kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Pada kenyataannya masih terdapat peserta didik yang belum mencapai SKBM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model pembelajaran Example Non Example meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMPN 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu obeservasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan nilai. Pada siklus I aspek pengetahuan, peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 14 orang (54%) dan peserta didik yang belum mencapai SKBM sebanyak 12 orang (46%). Pada siklus II 100% peserta didik telahmencapai SKBM. Sedangkan pada siklusI aspek keterampilan, peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 11 orang (42%) dan peserta didik yang belum mencapai SKBM sebanyak 15 orang (58%). Pada siklus II 100% peserta didik telah mencapai SKBM. Pada tahap pengolahan data, dilakukan uji normalitas data. Hasilnya menunjukan data yang diperoleh berdistribusi tidak normal. Sehingga pengolahan data dilanjutkan ke uji wilcoxon dan diperoleh hasil W hitung (0) < dari W tabel (0,05) (99,07). Hal ini menunjukan perbedaan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Artinya, model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMPN 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Dengan kata lain, hipotesis penulis dapat diterima kebenarannya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 02:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11845 |
Actions (login required)
View Item |