ANALISIS REPRESENTASIMATEMATISDALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

MUJIB, KARYANA ALI (2023) ANALISIS REPRESENTASIMATEMATISDALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal kontekstual ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini berupa angket, tes dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah soal kemampuan representasi matematis yang telah divalidasi oleh dua orang Dosen Pendidikan Matematika. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan pertimbangan dengan melihat yang paling tinggi niali angket pada setiap kategori dan yang paling banyak memenuhi indikator representasi matematis disetiap kategori kemandirian belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 2 Tasikmalaya dengan 1 subjek dari tiap kategori kemandirian belajar. Hasil dari penelitian ini adalah (1) S7 dengan kemandirian belajar tinggi mampu menyelesaikan soal kontekstual pada semua indikator representasi matematis, yaitu representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis. (2) S17 dengan kemandirian belajar sedang hanya mampu menyelesaikan soal konteksual pada dua indikator representasi matematis, yaitu persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis dan kurang mampu pada indikator visual. (3) S25 dengan kemandirian belajar rendah hanya mampu pada satu indikator, yaitu indikator persamaan atau ekspresi matematis dan kurang mampu pada indikator visual dan kata-kata atau teks tertulis. Kata Kunci : Representasi Matematis, Soal Kontekstual, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:43
Last Modified: 29 Jan 2024 07:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item