SAMROTUBILLAH, NENG SHIFA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS BERDASARKAN TEORI PIRIE DAN KIEREN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (81kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRA.pdf Download (79kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (179kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (233kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (145kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemahaman matematis dan kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal tes kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pemberian tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrument utama dan instrument bantuan yakni soal tes kemampuan pemahaman matematis. Sumber data dalam penelitian ini mencakup tiga elemen yaitu tempat: MTS N 6 Tasikmalaya, pelaku: subjek penelitian ini terdiri dari 4 peserta didik S2, S4, S14, S19 sudah melaluli semua indikator dan mengalami beberapa kesulitan dan aktivitas: peneliti ini berfokus pada aktivitas subjek pada saat menyelesaikan soal tes kemampuan pemahaman matematis teknik. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Kemampuan pemahaman peserta didik S2, S4, S14, S19 sudah memenuhi semua indikator Primitive Knowing, Image Making, Image Having, Property Noticing, Formalizing, Observing, Structuring, Inventizing dan telah memenuhi langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita dan memiliki kesalahan yang berbeda. S2 mengalami kesalahan fakta pada formalizing, S4 mengalami kesalahan fakta pada Image Having dan kesalahan oprasi formalizing, S14 mengalami kesalahan prinsip pada Property noticing, kemudian S19 mengalami kesalahan fakta pada Image Having dan indikator formalizing. Kata kunci: Pemahaman Matematis, Teori Pirie dan Kieren, Soal Cerita, Kesulitan Peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 06:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 06:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11814 |
Actions (login required)
View Item |