PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Cipaku Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Luthfiyani, Sri Rahayu (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Cipaku Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (234kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text
6 KATA PERNGANTAR.pdf

Download (333kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (645kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (465kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Menelaah struktur, kebahasaan teks berita, serta menyajikan teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya peserta didik kelas VIII-C SMP Islam Cipaku tahun ajaran 2023/2024 masih banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Project Based Learning meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kebahasaan teks berita, serta menyajikan bentuk teks berita pada peserta didik kelas VIII-C SMP Islam Cipaku tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil belajar peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siklus kesatu yaitu sebanyak 7 peserta didik (35%) telah mencapai KKM dan 13 peserta didik (65%) belum mencapai KKM. Dalam pembelajaran menyajikan data informasi dalam bentuk teks berita sebanyak 15 peserta didik (75%) belum mencapai KKM dan 5 peserta didik (25%) telah mencapai KKM. Pada siklus kedua baik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita maupun menyajikan data informasi dalam bentuk teks berita, seluruh peserta didik kelas VIII�C telah mencapai KKM yaitu 20 peserta didik (100%). Selain itu, berdasarkan hasil uji Wilcoxon terhadap data nilai peserta didik pada KD 3.2 dan 4.2 diperoleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (38). Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kebahasaan, serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII-C SMP Islam Cipaku Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:20
Last Modified: 26 Jan 2024 07:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11802

Actions (login required)

View Item View Item