Rismayanti, Elis (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (230kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (337kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (362kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (535kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (361kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013 Revisi, menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menulis puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Namun, pada kenyataanya masih terdapat peserta didik yang belum mampu menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menulis puisi seperti halnya yang terjadi pada peserta didik kelas VIII E SMPN 12 Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII E SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam KD 3.8 terdapat peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 12 orang (37,5%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 20 orang (62,5%). Dalam KD 4.8 pada siklus kesatu, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (8,125%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 23 orang (71,875%). Pada siklus kedua dalam KD 3.8 dan 4.8 semua peserta didik (100%) sudah mampu mencapai KKM yang ditentukan yaitu 77. Selain itu, berdasarkan uji Wilcoxon terhadap data nilai peserta didik pada KD 3.8 dan 4.8 diperoleh hasil
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 07:15 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 07:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11801 |
Actions (login required)
View Item |