PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Hidayah, Nabila Nurfitria (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (35kB)
[img] Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Menelaah struktur dan kebahasaaan teks fantasi dan menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Namun, ternyata masih banyak yang belum mencapai KD 3.4 serta KD 4.4 dengan nilai KKM yang telah diterapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair and Share meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendakatan kuantitatif dan kualitatif dengan proses pembelajaran secara langsung oleh penulis pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua, baik dalam proses maupun dalam hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran pada siklus kesatu KD 3.4 menelaah struktur dan kebahasaan teks fantasi terdapat 9 orang (23%) peserta didik yang mencapai KKM sedangkan 21 orang (77%) belum mencapai KKM. Pada KD 4.4 menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi terdapat 11 orang (27%) peserta didik yang mencapai KKM sedangkan yang belum mencapai KKM 19 orang (73%). Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik, sebanyak 30 orang (100%) mencapai KKM. Hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur dan kebahasaan teks fantasi serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi siklus I dan siklus II data berdistribusi tidak normal, sehingga penulis melakukan Uji Wilcoxon atau uji W yang hasilnya W hitung (0) < W tabel (0,01). Uji w menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil pembahasaan menjelaskan bahwa hipotesis tindakan penelitian model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks fantasi serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi pada peserta didik kelas VII I SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:17
Last Modified: 26 Jan 2024 06:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item