ZAHRA, SITI FATIMAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 16 Garut Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
7. BAB 1.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
8. BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
![]() |
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini perlu untuk dilakukan untuk memperluas informasi terkait penggunaan model pembelajaran RICOSRE serta pengaruhnya terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI SMA Negeri 16 Garut Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian the matching-only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 16 Garut yang menempuh mata pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas dengan jumlah 232 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan kelas XI Merdeka I sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Merdeka B sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes berupa pilihan majemuk untuk keterampilan literasi sains sebanyak 15 soal dan hasil belajar kognitif sebanyak 27 soal. Uji hipotesis yang digunakan yaitu one way ANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan literasi sains dan hasil belajar kognitif sebesar 0,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI SMA Negeri 16 Garut Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: model pembelajaran, RICOSRE, keterampilan literasi sains, hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:35 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |