NURANISA, ISMI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (116kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (43kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (64kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (87kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (232kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (235kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas X pada materi Gerak Lurus yang tergolong rendah. Hasil belajar yang tergolong rendah tersebut disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Lurus di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaparna. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaparna sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 142 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling didapatkan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pilihan ganda berjumlah 27 soal yang memuat level kognitif C1-C4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikasi (0,05) menunjukkan bahwa setelah penggunaan model Meaningful Instructional Design diperoleh nilai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:57 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 01:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11779 |
Actions (login required)
View Item |