Ekasari, Putri (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Mangunreja Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (55kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (258kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (84kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI GAMBAR TABEL GRAPIK LAMPIRAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (123kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (216kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (159kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Mangunreja tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Mangunreja tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan terdapat peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 14 orang (45%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (55%). Dalam pembelajaran menyajikan teks berita peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 13 (42%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 18 orang (58%). Pada siklus kedua baik untuk pembelajaran menelah struktur dan kebahasaan maupun menyajikan teks berita semua peserta didik telah mencapai KKM yaitu 77. Selain itu, berdasarkan uji wilcoxon untuk KD 3.2 dan 4.2 diperoleh hasil W(hitung) (0) < W(tabel) (116,56). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Mangunreja tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:00 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11760 |
Actions (login required)
View Item |