HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

KHAIRUNNISA, LIA (2021) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Image
LEMBAR PENGESAHAN ACC.jpg

Download (83kB)
[img] Text
03_LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (103kB)
[img] Text
04_ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
05_KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Self Regulated Learning dengan Literasi Sains peserta didik pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan populasinya adalah seluruh kelas X MIPA yang terdiri dari 7 kelas dan sampel diambil dari kelas X MIPA 5 dan X MIPA 7 berdasarkan teknik dasar purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner MSLQ bagian Self Regulated Learning Strategies yang sudah dimodifikasi sebanyak 23 pernyataan untuk memperoleh data Self Regulated Learning dan menggunakan soal literasi sains Gormanly sebanyak 32 butir soal pilihan majemuk untuk memperoleh data literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan Self Regulated Learning dengan Literasi Sains peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMAN 5 Kota Tasikmalaya. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis (korelasi pearson) bahwa nilai signifikansi ≤0,05 yaitu 0,005 dengan koefisien sebesar 0,362 artinya memiliki keeratan hubungan rendah. Kontribusi Self Regulated Learning dengan literasi sains adalah 13,1% sedangkan sisanya 86,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Self Regulated Learning; Literasi Sains; Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:18
Last Modified: 24 Jan 2024 07:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item