AN INDONESIAN PRE-SERVICE ENGLISH TEACHER’S IDENTITY IN TEACHING PRACTICUM

NURMALIA, FARIDA (2019) AN INDONESIAN PRE-SERVICE ENGLISH TEACHER’S IDENTITY IN TEACHING PRACTICUM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover, lembar pengesahan, abstrak dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki identitas seorang mahasiswa bahasa Inggris dalam program praktik mengajar di Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah narrative inquiry. Objek dari penelitian adalah peneliti sendiri seorang perempuan berusia 22 tahun mahasiswa sarjana Jurusan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Data diperoleh dari jurnal refleksi yang dibuat pada saat melakukan praktik mengajar selama 3 bulan. Data dianalisis dengan menggunakan narrative analysis. Berdasarkan data dari jurnal refleksi, penelitian ini mengeksplorasi aspek kognitif, sosial dan emosional yang mengkonstruksi identitas mahasiswa tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa identitas mahasiswa tersebut terbangun melalui keterlibatannya dalam pembelajaran kognitif, interaksi sosial dan pengalaman secara emosi dalam program praktik mengajar. Kontribusi dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa keguruan tentang seperti apa dan bagaimana mengajar di kelas yang sesungguhnya sebagai bagian dari orientasi pengajaran mereka di masa depan. Kata Kunci: Identitas Guru, Mahasiswa, Praktik Mengajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:21
Last Modified: 24 Jan 2024 01:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11685

Actions (login required)

View Item View Item