NAVIGATING AND NEGOTIATING BORDERS: INDONESIAN PRE�SERVICE TEACHERS' EXPERIENCES OF INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM IN THAILAND

MOHNAWAWI, BILAL (2020) NAVIGATING AND NEGOTIATING BORDERS: INDONESIAN PRE�SERVICE TEACHERS' EXPERIENCES OF INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM IN THAILAND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (759kB)
[img] Text
2. CHAPTER I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. CHAPTER 2.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4. CHAPTER 3.pdf

Download (478kB)
[img] Text
5. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
6. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
7. REFERENCES.pdf

Download (425kB)
[img] Text
8. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Teori border-crossing yang pada mulanya diperkenalkan pada tahun 1992 oleh Henry Giroux, merupakan sebuah metafora yang digunakan untuk menggambarkan tantangan dan masalah yang dihadapi oleh siswa dengan latar belakang budaya yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman mengajar dalam konteks internasioal dari dua mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari sebuah universitas di Indonesia yang telah berkesempatan untuk melaksanakakn PLP dalam konteks internasional di Thailand beserserta pengaruh pengalaman tersebut terhadap perkembangan professional mereka sebagai calon guru. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisa menggunakan analisa tematik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa border-crossing yang mereka temui dipengaruhi oleh: (1) faktor kontekstual, (2) factor pedagogis, serta (3) faktor budaya. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa border-crossing yang mereka alami mendorong mereka untuk dapat menyesuaikan diri dengan praktik pedagogis yang berlaku dan kemudian secara positif mempengaruhi kepribadian dan kinerja mengajar sebagai bagian dari perkembangan profesional mereka yang meliputi: (1) kompetensi mengajar, (2) manajemen diri untuk pengembangan professional, dan (3) kesadaran diri untuk melakukan refleksi sebagai bagian dari kompetensi penelitian tindakan kelas. Kata kunci: Border-crossing, calon guru, praktikum mengajar internasional, perkembangan professional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:50
Last Modified: 23 Jan 2024 06:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11661

Actions (login required)

View Item View Item