Pahlawan, Rizal Gibrani (2021) Pedagogical Challenges Faced by A Junior High School Pre-service Teacher and Their Impacts on Her Beliefs: A Case Study of Indonesian Context. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (63kB) |
|
Text
3-LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (90kB) |
|
Text
4-PERNYATAAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
7-PREFACE.pdf Download (71kB) |
|
Text
8-ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (81kB) |
|
Text
5-ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text
6-ABSTRACT.pdf Download (122kB) |
|
Text
9-TABLE OF CONTENT.pdf Download (58kB) |
|
Text
10-ENCLOSURES LIST.pdf Download (94kB) |
|
Text
11-CHAPTER 1.pdf Download (98kB) |
|
Text
12-CHAPTER 2.pdf Download (137kB) |
|
Text
13-CHAPTER 3.pdf Download (96kB) |
|
Text
14-CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
15-CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
16-REFERENCES.pdf Download (167kB) |
|
Text
17-ENCLOSURE 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
18-ENCLOSURE 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
|
Text
19-ENCLOSURE 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
20-ENCLOSURE 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
21-ENCLOSURE 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
|
Text
22-BIOGRAPHY.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan mengajar yang dihadapi oleh seorang calon guru dan dampaknya terhadap keyakinanya tentang mengajar. Penelitian ini menggunakan buku harian sebagai data dari seorang partisipan yang mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan tematik analisis (Braun & Clarke, 2006). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa partisipan menghadapi beberapa tantangan dalam mengajar. Tantangan ini ditunjukkan dalam bentuk kurang perhatianya siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini ditunjukkan saat partisipan bertanya apakah siswa mengerti atau tidak tentang materi partisipan ajarkan, namun para siswa hanya mengangguk saja. Ditambah lagi, ada beberapa kelas yang tidak mau mengerjakan tugas dari partisipan. Selain itu, temuan penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan tersebut mampu merubah keyakinan partisipan terhadap proses belajar mengajar. Keyakinan partisipan berubah dari "ketat dalam mengajar" menjadi "luwes". Hal ini terlihat dari perubahan gaya mengajar dan cara dia menangani siswanya. Dengan mengetahui tantangan dalam mengajar dan pengaruhnya terhadap keyakinan mengajar calon guru, diharapkan calon guru mampu mengatasi tantangan-tantangan yang muncul ketika proses belajar mengajar. Selain itu, tantangan mengajar dapat menjadi fondasi utama dalam melakukan refleksi mengajar bagi seorang calon guru. Kata kunci: Tantangan selama praktik mengajar, Keyakinan mengajar calon guru, Refleksi calon guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 03:44 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 03:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11649 |
Actions (login required)
View Item |