ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

TRIANI, RINA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (69kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
pernyataan keaslian karya ilmiah.pdf

Download (138kB)
[img] Text
suket revisi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DATAR GAMBAR, DATAR LAMPIRAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan spasial peserta didik ditinjau dari resiliensi matematis tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif dengan pendekatan Think aloud. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan spasial, angket resiliensi matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti, soal tes kemampuan spasial, dan angket resiliensi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-02 MTs PUI Cikijing. Subjek penelitian terdiri dari 3 peserta didik yang menjawab soal tes paling lengkap dan terstruktur dari masing-masing kelompok terpenuhinya dimensi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Subjek S-23 dengan resiliensi matematis tinggi mampu mengerjakan lima dimensi kemampuan spasial yaitu dimensi visualisasi spasial, mampu memvisualkan bangun ruang ke dalam bentuk gambar; dimensi relasi spasial, mampu merelasikan bangun ruang yang disajikan ke dalam bentuk gambar; dimensi rotasi spasial, mampu memutar bangun ruang yang disajikan ke dalam bentuk gambar; dimensi orientasi spasial, mampu memprediksi bangun ruang dari berbagai sudut pandang serta perhitungan matematis; dan dimensi persepsi spasial, mampu mempersepsi bangun ruang yang diletakkan pada posisi horizontal atau vertikal. (2) Subjek S-19 dengan resiliensi matematis sedang mampu mengerjakan dua dimensi kemampuan spasial yaitu dimensi visualisasi spasial, mampu memvisualkan bangun ruang ke dalam bentuk gambar; dan dimensi relasi spasial, mampu merelasikan bangun ruang yang disajikan ke dalam bentuk gambar. (3) Subjek S-16 dengan resiliensi matematis rendah mampu mengerjakan satu dimensi kemampuan spasial yaitu dimensi visualisasi spasial, mampu memvisualkan bangun ruang ke dalam bentuk gambar. Kata kunci: kemampuan spasial, resiliensi matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:47
Last Modified: 23 Jan 2024 01:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item