TRIANINGSIH, NURUL ARUM (2023) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ciamis Tahun 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (271kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (262kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (219kB) |
|
Text
4.ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (216kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (114kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (107kB) |
|
Text
9.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (105kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (235kB) |
|
Text
12.BAB II.pdf Download (627kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
14.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
15.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
Text
17.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
18.RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran biologi di kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis tahun ajaran 2022/2023. Artificial Intelligence Learning System (AILS) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perplexity. Metode penelitian menggunakan quasi experimental dengan desain penelitian the mattcing posttest�only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis sebanyak 7 kelas dengan peserta didik 222 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 62 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengukur hasil belajar peserta didik dengan tes pilihan majemuk sebanyak 30 soal yang mengacu ke dalam dimensi kognitif C1, C2, C3, C4, dan C5. Teknik uji hipotesis yang digunakan yaitu uji independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari model Discoevry Learning berbantuan AILS terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ekosistem yang diperoleh dari uji independent simple t-test dengan nilai signifikansi yang tinggi (0,001). Kata Kunci: AILS, Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:35 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11553 |
Actions (login required)
View Item |