HUBUNGAN ANTARA SELF MANAGEMENT DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

ZULAIKHAH, MASYITOH KHUMROTUN (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF MANAGEMENT DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. ABSTRACK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (355kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan belajar tentunya disebabkan oleh berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Beberapa dari faktor tersebut merupakan self management dan self efficacy yang diteliti secara korelasional untuk menghubungkannya dengan hasil belajar Biologi peserta didik dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data uji korelasi berganda. Penelitian dilakukan di SMAN 7 Tasikmalaya dengan sampel penelitian sebanyak 50 peserta didik yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen self management dan instrumen self efficacy yang telah diuji validitasnya. Sementara itu, data hasil belajar diperoleh dari nilai PAS (Penilaian Akhir Semester) peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji regresi korelasi bivariat untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tidak signifikan antara self management dan self efficacy terhadap hasil belajar Biologi peserta didik. Adapun besar koefisien korelasi antara self management dan self efficacy terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,303 dan berada pada kategori yang rendah. Kemudian diperoleh juga nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0,092 atau 9,2% artinya terdapat sedikit kontribusi dari kedua variabel bebas terhadap hasil belajar Biologi. Kata Kunci : Self Management, Self Efficacy, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:44
Last Modified: 18 Jan 2024 04:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11546

Actions (login required)

View Item View Item