ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN UBI KAYU

WULANDARI, TRIYANI (2023) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN UBI KAYU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (52kB)
[img] Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (160kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL (1).pdf

Download (98kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR (1).pdf

Download (27kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN (1).pdf

Download (78kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Ubi kayu tidak hanya berperan sebagai penyangga pangan tetapi juga sebagai sumber pendapatan rumah tangga petani. Pemasaran ubi kayu berjalan dengan efisien apabila dapat menguntungkan pihak produsen maupun lembaga pemasaran yang terlibat. Tujuan penelitian: a) menganalisis saluran pemasaran dan fungsi pemasaran, b) menganalisis biaya, keuntungan, margin pemasaran dan farmer’s share, c) menganalisis efisiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran. Metode penelitiannya adalah survei, penentuan responden menggunakan snowball sampling terdiri dari 3 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar dan 11 pedagang pengecer. Penelitian dilakukan dari April - Agustus 2023 di Kelurahan Gunung Tandala salah satu daerah sentra produksi ubi kayu di Kota Tasikmalaya. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: saluran I: produsen – pedagang pengumpul – konsumen antara, saluran II: produsen – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen akhir, saluran III: produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir. (2) Fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran (pembelian dan penjualan), fungsi fisik (penyimpanan dan pengangkutan) dan fungsi fasilitas (standarisas, grading, pendanaan, penanggungan risiko dan riset pasar). (3) Biaya pemasaran saluran pemasaran I, II dan III yaitu Rp. 172,17/kg, Rp. 700,09/kg dan Rp. 818,42/kg. Keuntungan saluran pemasaran I, II dan III yaitu Rp. 327,83/kg, Rp. 2.599,91/kg dan Rp. 3.364,91/kg. Margin pemasaran saluran pemasaran I, II dan III yaitu Rp. 500,00/kg, Rp. 3.300/kg dan Rp. 4.183,33/kg. Nilai farmer’s share saluran pemasaran I, II dan III yaitu 42,86 persen, 35,29 persen dan 25,07 persen. (4) Saluran pemasaran I, II dan III adalah saluran pemasaran efisien. (5) Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Ubi Kayu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:34
Last Modified: 17 Jan 2024 03:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item