WULANDARI, TRIYANI (2023) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN UBI KAYU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER (1).pdf Download (52kB) |
|
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (213kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Download (216kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (94kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (96kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI (1).pdf Download (160kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL (1).pdf Download (98kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR (1).pdf Download (27kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN (1).pdf Download (78kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (172kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (200kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (276kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Ubi kayu tidak hanya berperan sebagai penyangga pangan tetapi juga sebagai sumber pendapatan rumah tangga petani. Pemasaran ubi kayu berjalan dengan efisien apabila dapat menguntungkan pihak produsen maupun lembaga pemasaran yang terlibat. Tujuan penelitian: a) menganalisis saluran pemasaran dan fungsi pemasaran, b) menganalisis biaya, keuntungan, margin pemasaran dan farmer’s share, c) menganalisis efisiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran. Metode penelitiannya adalah survei, penentuan responden menggunakan snowball sampling terdiri dari 3 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar dan 11 pedagang pengecer. Penelitian dilakukan dari April - Agustus 2023 di Kelurahan Gunung Tandala salah satu daerah sentra produksi ubi kayu di Kota Tasikmalaya. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: saluran I: produsen – pedagang pengumpul – konsumen antara, saluran II: produsen – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen akhir, saluran III: produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir. (2) Fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran (pembelian dan penjualan), fungsi fisik (penyimpanan dan pengangkutan) dan fungsi fasilitas (standarisas, grading, pendanaan, penanggungan risiko dan riset pasar). (3) Biaya pemasaran saluran pemasaran I, II dan III yaitu Rp. 172,17/kg, Rp. 700,09/kg dan Rp. 818,42/kg. Keuntungan saluran pemasaran I, II dan III yaitu Rp. 327,83/kg, Rp. 2.599,91/kg dan Rp. 3.364,91/kg. Margin pemasaran saluran pemasaran I, II dan III yaitu Rp. 500,00/kg, Rp. 3.300/kg dan Rp. 4.183,33/kg. Nilai farmer’s share saluran pemasaran I, II dan III yaitu 42,86 persen, 35,29 persen dan 25,07 persen. (4) Saluran pemasaran I, II dan III adalah saluran pemasaran efisien. (5) Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Ubi Kayu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 03:34 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 03:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11517 |
Actions (login required)
View Item |