ROFI, ALYA MARTHIA (2023) PENGARUH MODEL SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY BERBANTUAN FISHBONE DIAGRAM TERHADAP SELF REGULATED LEARNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Eksperimen pada Konsep Perubahan Lingkungan di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (50kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (359kB) |
|
Text
03 Surat Pernyataan.pdf Download (283kB) |
|
Text
04 Abstrak.pdf Download (295kB) |
|
Text
05 Kata pengantar, Ucapan terimakasih, Daftar isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
06 BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
07 BAB II.pdf Download (565kB) |
|
Text
08 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
09 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
|
Text
12 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran yang berkualitas ditandai dengan adanya proses pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Self regulated learning dan berpikir kritis menjadi kemampuan yang perlu dikembangkan pada proses pembelajaran. Untuk mengupayakan hal tersebut maka diperlukan ketepatan dalam menentukan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model science, environment, technology, society berbantuan fishbone diagram terhadap self regulated learning dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X MIPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan populasi seluruh kelas X MIPA yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 255 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) bagian self regulated learning strategies sebanyak 25 pernyataan dan soal kemampuan berpikir kritis sebanyak 20 soal. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata self regulated learning pada kelas eksperimen sebesar 83 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71. Kemudian nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 84 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77. Dalam hal ini, kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai self regulated learning dan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan uji ANCOVA dan menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) artinya Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran science, environment, technology, society berbantuan fishbone diagram terhadap self regulated learning dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran SETS, Diagram Fishbone, Self Regulated Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11488 |
Actions (login required)
View Item |