PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali pada Konsep Plantae)

NURKAMILA, SARAH (2023) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali pada Konsep Plantae). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
4 ABTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (150kB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.pdf

Download (71kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (295kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
16 DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
17LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18 BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Biologi Konsep Plantae di kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 216 orang. Sampel penelitian adalah X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitin adalah tes pilihan majemuk sebanyak 20 butir soal untuk mengukur hasil belajar dan tes uraian sebanyak 9 butir soal untuk mengukur keterampilan proses sains pada materi Plantae. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way anova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan proses sains dan hasil belajar <0,05 yaitu sebesar 0,005, kemudian hasil uji simultan diperoleh nilai sig 0,000 (signifikansi <0,05) pada keterampilan proses sains dan hasil belajar, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali pada konsep Plantae. Kata kunci: jelajah alam sekitar; keterampilan proses sains; hasil belajar; Plantae

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:12
Last Modified: 27 Dec 2023 07:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11417

Actions (login required)

View Item View Item