NURKAMILA, SARAH (2023) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali pada Konsep Plantae). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
4 ABTRAK.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
6 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
11. BAB 1.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
12 BAB 2.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
13 BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
14BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
![]() |
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
![]() |
Text
16 DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
17LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
18 BIODATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Biologi Konsep Plantae di kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 216 orang. Sampel penelitian adalah X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitin adalah tes pilihan majemuk sebanyak 20 butir soal untuk mengukur hasil belajar dan tes uraian sebanyak 9 butir soal untuk mengukur keterampilan proses sains pada materi Plantae. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way anova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan proses sains dan hasil belajar <0,05 yaitu sebesar 0,005, kemudian hasil uji simultan diperoleh nilai sig 0,000 (signifikansi <0,05) pada keterampilan proses sains dan hasil belajar, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali pada konsep Plantae. Kata kunci: jelajah alam sekitar; keterampilan proses sains; hasil belajar; Plantae
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 07:12 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |