PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

ISKANDAR, DINI DARYANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5. ABSTRACK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (232kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (171kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (176kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (715kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis software Construct 2 pada materi aritmatika sosial dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis software Construct 2 pada materi aritmatika sosial. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Luther-Sutopo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan penyebaran angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket untuk menilai kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang ahli media dan dua orang ahli materi untuk menilai kelayakan media dari segi media dan segi materi, serta peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Cibalong Kabupaten Tasikmalaya untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif yang telah dibuat. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif berbasis software Construct 2 pada materi aritmatika sosial yang dikembangkan melalui enam tahapan yaitu tahap concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Produk telah dinilai sangat layak oleh ahli media dan ahli materi, serta dinilai sangat praktis oleh peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis software construct 2 pada materi aritmatika sosial sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, Software Construct 2, Model Pengembangan Luther-Sutopo

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:57
Last Modified: 15 Dec 2023 07:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item