Aisy, Salwa Rihadatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta didik kelas VIII MTs Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (190kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (74kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
4.ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (297kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (452kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (486kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII adalah teks eksplanasi. Kompetensi Dasar yang berkaitan dengan teks eksplanasi adalah kompetensi dasar 3.10 yaitu Menelaah Teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang didengar atau dibaca serta KD 4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Picture Word Inductive terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi peserta didik kelas VIII MTs Negeri 7 Tasikmalaya. Teknik penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara nilai-nilai prates dan nilai rata-rata pascates dalam menelaah dan menyajikan teks eksplanasi di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Nilai rata-rata tes pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks eksplanasi di kelas eksperimen adalah prates sebesar 32 dan pascates sebesar 78. Nilai rata-rata tes pembelajaran menyajikan teks eksplanasi di kelas eksperimen adalah prates sebesar 33 dan pascates sebesar 78. Sedangkan nilai rata-rata pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks eksplanasi di kelas kontrol adalah prates sebesar 14 dan pascates sebesar 69. Nilai rata-rata tes pembelajaran menyajikan teks eksplanasi di kelas kontrol adalah prates sebesar 32 dan pascates sebesar 70. Setelah data dinilai kedua kelompok dihitung secara statistika menggunakan uji normalitas. Hasil uji menggunakan kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga daya yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa Whitung = 0 < Wtabel = 0,01 (32) 128. Hal ini menunjukan bahwa, model pembelajaran Picture Word Inductive berpengaruh secara signifikasi terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 03:40 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 03:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11367 |
Actions (login required)
View Item |