ANALISIS BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI PASCA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI SISTEM INDERA TAHUN AJARAN 2022/2023

SAFARI, NENG AYU MUSTIKA (2023) ANALISIS BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI PASCA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI SISTEM INDERA TAHUN AJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (334kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (186kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (650kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai kapasitas memori kerja yang berbeda. Banyaknya kegiatan dan kompleksitas materi menyebabkan berlebihnya kapasitas memori kerja peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kognitif peserta didik pasca pandemi covid-19 pada materi sistem indera. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik kelas XI MIPA 8 di SMAN 1 Singaparna. Instrumen yang digunakan yaitu soal uraian, angket dan soal pilihan majemuk. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada Intrinsic Cognitive Load (menerima dan mengolah informasi) diperoleh nilai rata�rata 5,7 dengan kategori sedang. Kemudian Extranous Cognitive Load (usaha mental saat pembelajaran berlangsung) diperoleh nilai rata-rata 6,1 termasuk kategori sedang. Kemudian Germane Cognitive Load (pemahaman setelah seluruh materi sistem indera tersampaikan) diperoleh nilai rata-rata 5,5 termasuk kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi sistem indera pasca pandemi covid-19 membuat peserta didik cukup terbebani pada beberapa konsep materinya, hal tersebut disebabkan dari aktivitas dan kesiapan belajar yang padat, perhatian peserta didik yang terbagi, bahasa ilmiah yang sulit dicerna, ingatan peserta didik yang menurun akibat banyaknya informasi yang diperlukan melebihi kapasitas memori kerjanya, beberapa penjelasan guru yang kurang jelas dan cenderung cepat, media ditampilkan hanya menggunakan gambar 2D. Kata Kunci: Memori Kerja, Beban Kognitif Intrinsic, Beban Kognitif Extranous, Beban Kognitf Germane, Sistem Indera

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:19
Last Modified: 14 Dec 2023 08:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11346

Actions (login required)

View Item View Item