SAFARI, NENG AYU MUSTIKA (2023) ANALISIS BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI PASCA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI SISTEM INDERA TAHUN AJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (217kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (297kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN.pdf Download (304kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (334kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (186kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (443kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (650kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
Abstract
Setiap peserta didik mempunyai kapasitas memori kerja yang berbeda. Banyaknya kegiatan dan kompleksitas materi menyebabkan berlebihnya kapasitas memori kerja peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kognitif peserta didik pasca pandemi covid-19 pada materi sistem indera. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik kelas XI MIPA 8 di SMAN 1 Singaparna. Instrumen yang digunakan yaitu soal uraian, angket dan soal pilihan majemuk. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada Intrinsic Cognitive Load (menerima dan mengolah informasi) diperoleh nilai rata�rata 5,7 dengan kategori sedang. Kemudian Extranous Cognitive Load (usaha mental saat pembelajaran berlangsung) diperoleh nilai rata-rata 6,1 termasuk kategori sedang. Kemudian Germane Cognitive Load (pemahaman setelah seluruh materi sistem indera tersampaikan) diperoleh nilai rata-rata 5,5 termasuk kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi sistem indera pasca pandemi covid-19 membuat peserta didik cukup terbebani pada beberapa konsep materinya, hal tersebut disebabkan dari aktivitas dan kesiapan belajar yang padat, perhatian peserta didik yang terbagi, bahasa ilmiah yang sulit dicerna, ingatan peserta didik yang menurun akibat banyaknya informasi yang diperlukan melebihi kapasitas memori kerjanya, beberapa penjelasan guru yang kurang jelas dan cenderung cepat, media ditampilkan hanya menggunakan gambar 2D. Kata Kunci: Memori Kerja, Beban Kognitif Intrinsic, Beban Kognitif Extranous, Beban Kognitf Germane, Sistem Indera
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 08:19 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 08:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11346 |
Actions (login required)
View Item |