Nadia, Putri Salha (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA DAN PENGARUH FITUR TIKTOK SHOP PADA APLIKASI TIKTOK MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (294kB) |
|
Text
3. Penguji.pdf Download (287kB) |
|
Text
4. Pernyataan.pdf Download (246kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (912kB) |
|
Text
8. Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Bab II.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. Bab III.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi membuat video dengan durasi yang pendek dan up-to�date. Aplikasi TikTok berinovasi menambahkan fitur untuk menyematkan keranjang kuning saat pengguna melakukan live atau memposting video yang tidak dimiliki oleh aplikasi media sosial lain. Hal ini membuat TikTok selain sebagai media sosial, berkembang menjadi marketplace yang mampu bersaing dengan aplikasi e-commerce. Aplikasi e-commerce yang mampu bersaing dengan TikTok yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya. Melihat dari perkembangan TikTok ini, maka perlu diuji kualitas dan keterkaitanya terhadap fitur marketplace pada media sosial. Kualitas atau fitur yang terdapat dalam suatu aplikasi harus memiliki manfaat atau kegunaan yang berfungsi dengan baik sesuai dengan tujuannya. Diperlukan analisis tingkat kepuasan pengguna untuk mengetahui fitur dalam aplikasi tersebut sudah baik atau belum. Ada beberapa metode untuk ngukur tingkat kepuasan pengguna suatu aplikasi, pada penelitian ini digunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS merupakan metode penilaian tingkat kepuasan pengguna dengan pendekatan membandingkan secara langsung antara harapan dan kenyataan suatu sistem aplikasi. Model EUCS terdiri dari lima variable yaitu dimensi content, dimensi Accuracy, dimensi format, dimensi ease of use, dan dimensi timeless. Penelitian ini menghasilkan berupa pengaruh dari tingkat kepuasan pengguna media sosial TikTok. Hasil akhir yang didapatkan yaitu kelima variabel metode EUCS berkategori puas dengan nilai variabel isi (content) 3,804, variabel akurasi (accuracy) 3,866, variabel bentuk (format) 3,790, variabel kemudahan penggunaan (ease of use) 3,683, dan variabel ketepatan waktu (timeliness) 3,695. Kemudian hasil dari observasi penjual online memiliki kenaikan omset penjualan setelah membuka toko online di TikTok dengan rata-rata per-dua tahun terakhir 329,15% untuk online shop Irmalaila Store dan 21,1% untuk online shop Amirah Bordir. Kata Kunci : EUCS , Media Sosial dan TikTok
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:18 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11333 |
Actions (login required)
View Item |