PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MA AN-NUR Malangbong Tahun Ajaran 2018/2019)

DEWI, SINTIA APRIANI (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MA AN-NUR Malangbong Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
PENGASAHAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (288kB)
[img] Text
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
07. BAB II.pdf

Download (674kB)
[img] Text
08. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
09.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
11. SILABUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
12A. RPP_ABAD_21_EKSPERIMEN_DAUR_ULANG_LIMBAH[2].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
12B. LEMBAR MONITORING(PjBL).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
17.DATA SKOR POSTTEST PRETEST.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
17A. soal pretest postest.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
18.TEKNIK PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20.DOKUMENTASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem daur ulang limbah kelas X MIA di MA An-Nur Malangbong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai Desember 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperimental.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas X MIA MA An-Nur Malangbong sebanyak empat kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 134 orang. Sampel penelitian sebanyak 29 orang peserta didik di kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan di kelas X MIA 3 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik dan berpikir kreatif pada materi Daur Ulang Limbah. Tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal dan soal berpikir kreatif berupa soal uraian sebanyak 7 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan pengujian hipotesis, maka penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi daur ulang limbah di kelas X MIA MA An-Nur Malangbong tahun ajaran 2018/2019. Dari hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan Model Poject Based Learning (PjBL) lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning.. Kata Kunci: model PjBL, DL, hasil belajar, berpikir kreatif, daur ulang limbah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:07
Last Modified: 06 Dec 2023 03:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item