DEWI, SINTIA APRIANI (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MA AN-NUR Malangbong Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01.COVER.pdf Download (53kB) |
|
Text
PENGASAHAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (61kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (6kB) |
|
Text
04.KATA PENGANTAR.pdf Download (288kB) |
|
Text
05.DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
Text
06. BAB I.pdf Download (317kB) |
|
Text
07. BAB II.pdf Download (674kB) |
|
Text
08. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
08.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
|
Text
09.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text
11. SILABUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
12A. RPP_ABAD_21_EKSPERIMEN_DAUR_ULANG_LIMBAH[2].pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
Text
12B. LEMBAR MONITORING(PjBL).pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
17.DATA SKOR POSTTEST PRETEST.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
Text
17A. soal pretest postest.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
18.TEKNIK PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20.DOKUMENTASI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem daur ulang limbah kelas X MIA di MA An-Nur Malangbong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai Desember 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperimental.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas X MIA MA An-Nur Malangbong sebanyak empat kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 134 orang. Sampel penelitian sebanyak 29 orang peserta didik di kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan di kelas X MIA 3 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik dan berpikir kreatif pada materi Daur Ulang Limbah. Tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal dan soal berpikir kreatif berupa soal uraian sebanyak 7 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan pengujian hipotesis, maka penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi daur ulang limbah di kelas X MIA MA An-Nur Malangbong tahun ajaran 2018/2019. Dari hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan Model Poject Based Learning (PjBL) lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning.. Kata Kunci: model PjBL, DL, hasil belajar, berpikir kreatif, daur ulang limbah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 03:07 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 03:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11246 |
Actions (login required)
View Item |