OPTIMASI TAMPILAN DAN PELAYANAN E-OFFICE PADA WEBSITE KECAMATAN CIHIDEUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESAIN USER EXPERIENCE (UX)

Akmal, Dony Ramdani (2023) OPTIMASI TAMPILAN DAN PELAYANAN E-OFFICE PADA WEBSITE KECAMATAN CIHIDEUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESAIN USER EXPERIENCE (UX). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
MOTTO, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Era digital mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pekerjaan dengan konsep E-Office. Meski E-Office memiliki manfaat, website E-Office Kecamatan masih menghadapi kendala efisiensi dan kualitas informasi. Pengalaman pengguna (UX) menjadi penting dalam interaksi dengan website. Desain UX sederhana berperan krusial dalam memahami kebutuhan pengguna dan menciptakan pengalaman yang memuaskan. Metode "Keep it Simple, Stupid" (KISS) diterapkan untuk memastikan kesederhanaan dalam desain web, membuat navigasi, informasi, dan interaksi lebih efisien. Penelitian ini memfokuskan pada optimalisasi tampilan dan pelayanan website E-Office Kecamatan melalui pendekatan desain UX, dengan tujuan meningkatkan efisiensi penggunaan dan kualitas informasi yang disampaikan. Hasilnya diharapkan memberikan rekomendasi konkret untuk memperbaiki tampilan, interaksi, dan konten website, sehingga mencapai pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan demikian, penelitian ini mengontribusikan upaya dalam memaksimalkan potensi E-Office Kecamatan dalam mendukung efisiensi dan kualitas informasi yang disajikan kepada masyarakat. Berdasarkan analisis awal dengan metode System Usability Scale (SUS) yang melibatkan 30 responden, didapatkan hasil evaluasi desain website lama dengan skor 73 (Grade Scale D, Kategori OK). Setelah dilakukan pengoptimalan website untuk website baru mendapatkan skor 83 (Grade B, Kategori Excellent) dan mendapat penilaian status Acceptable, menunjukkan bahwa hasil evaluasi dapat diterima. Evaluasi kepuasan pengguna terhadap website juga memberikan bukti nyata tentang keberhasilan perubahan pada website dalam meningkatkan pengalaman dan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Kata Kunci: E-Office, KISS, Optimasi, Desain, UX

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:53
Last Modified: 06 Dec 2023 02:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item