NUR’AINI, TINI (2023) METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA SANTRI PONDOK PESANTREN (Studi pada Santri Pondok Pesantren Darul Muta’allimin Lewosari, Bantarsari, Bungursari, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (381kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (126kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf Download (141kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (368kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (183kB) |
|
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (368kB) |
|
Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (291kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (304kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (181kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (180kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (181kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (408kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (496kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (332kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
Abstract
Tidak semua santri dapat membaca kitab kuning sesuai dengan kaidah ilmunya seperti ilmu nahwu dan shorof, maka perlu adanya metode pembelajaran kitab kuning untuk memudahkan santri dalam membaca kitab kuning yang sesuai dengan kaidah ilmunya khususnya bagi santri kelas ibtida B di Pondok Pesantren Darul Muta'allimin Lewosari, Kelurahan Bantarsari, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan adanya suatu metode pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren. Begitupun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode pembelajaran kitab kuning pada pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, pemyajian adata, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kitab kuning pada santri Pondok Pesantren yang berdasarkan analisis penelitian di lapangan, metode pembelajaran kitab kuning yang harus digunakan untuk memudahkan santri dalam membaca kitab kuning ialah dengan metode bahtsul kutub, metode sorogan dan metode hafalan. Karena dengan menggunakan metode bahtsul kutub santri terlatih untuk terus sorogan atau membaca sehingga santri hafal mengenai kaidah-kaidahnya, dan tentunya santri kelas ibtida B akan lebih mudah dalam membaca kitab kuning sesuai dengan ilmu dan kaidahnya. Kata Kunci : Pondok Pesantren, Metode Pembelajaran, Kitab Kuning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 08:41 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 08:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11201 |
Actions (login required)
View Item |