PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II MTs Karyabakti Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023)

Rosalina, Lista (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II MTs Karyabakti Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (128kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (127kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII adalah teks fabel. Kompetensi dasar yang berkaitan dengan teks fabel adalah kompetensi dasar 3.15 mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. 4.15 menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks fabel peserta didik kelas VII MTs Karyabakti. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, pengamatan serta tes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Karyabakti tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A yang berjumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII-B yang berjumlah 19 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik, penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat memberikan pengaruh yang signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil skor rata-rata nilai pra tes dan pasca tes. Pada kemampuan mengidentifikasi informasi teks fabel, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pra tes sebesar 48 dan pasca tes sebesar 80, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata pra tes sebesar 42 dan pasca tes sebesar 62. Berikutnya pada kemampuan menceritakan kembali isi teks fabel, kelas eksperimen memperoleh skor skor rata-rata pra tes sebesar 43 dan pasca tes sebesar 89, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata pra tes sebesar 47 dan pasca tes sebesar 68. Setelah data dinilai, kedua kelompok dihitung secara statistik menggunakan uji normalitas. Hasil uji menunjukan kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga data yang dianalisis dilanjutkan di uji menggunakan uji wilcoxom. Hasil uji wilcoxom menunjukan bahwa nilai Sig. 2-tailed 0,000 yang maka lebih kecil 1qqdari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mngidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks fabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:50
Last Modified: 04 Dec 2023 03:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11182

Actions (login required)

View Item View Item