PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK TEKS CERITA FANTASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA DAN DIDENGAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Utami, Ilmi Widia Dwi (2023) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK TEKS CERITA FANTASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA DAN DIDENGAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
3 SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (214kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (159kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu teks yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasi oleh peserta didik SMP/MTs atau sederajat kelas VII yaitu “Mengidentifikasi Unsur Intrinsik dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca dan Didengar”. Meskipun demikian masih banyak peserta didik kelas VII SMPN 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 yang belum mampu mengidentifikasi unusr Intrinsik dan menceritakan kembali isi teks ceria fantasi yang dibaca dan didengar. Untuk mengatasi permasalahan ini penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan penjelasan data diketahui pada siklus I pertemuan pertama KD 3.3, terdapat 25 orang peserta didik (79%) yang belum mencapai KKM dan 7 orang peserta didik (21%) telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 63,4, dan pertemuan kedua KD 4.3, 27 orang peserta didik (84%) belum mencapai KKM dan 5 orang peserta didik (16%) yang sudah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 59,3. Siklus II pertemuan pertama KD 3.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 82,8 KD 4.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 80,8. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu, 75. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur intrinsik dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:49
Last Modified: 04 Dec 2023 03:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item