EFISIENSI PEMASARAN AYAM BROILER

LESTARI, ASYFAARUM (2023) EFISIENSI PEMASARAN AYAM BROILER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. PANGESAHAN.pdf

Download (371kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (409kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
5. PRAKATA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (552kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola saluran pemasaran dan fungsi�fungsi pemasaran, mengetahui biaya, margin, dan keuntungan pemasaran, mengetahui farmer’s share, serta menganalisis efisiensi pemasaran ayam broiler PS Semar. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan analasis deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan responden pada penelitian ini dilakukan secara snowball sampling. Responden terdiri dari 14 orang yaitu 1 orang broker, 1 orang pedagang besar, dan 12 orang pedagang pengecer serta 1 orang informan yaitu Kepala Unit PS Semar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat empat pola saluran pemasaran dalam pemasaran ayam broiler PS Semar, yaitu pola saluran pemasaran nol tingkat, satu tingkat, dua tingkat, dan tiga tingkat. Pedagang besar melakukan fungsi pertukaran yaitu pembelian dan penjualan, fungsi fisik yaitu pengangkutan dan pengolahan, dan fungsi fasilitas yaitu pembiayaan, risiko, dan informasi pasar. Pedagang pengecer melakuan fungsi pertukaran yaitu pembelian dan penjualan, fungsi fisik yaitu pengangkutan, dan fungsi fasilitas yaitu pembiayaan, risiko, dan informasi pasar. (2) Besarnya biaya pemasaran pada pola saluran pemasaran II, III, dan IV yaitu Rp3.405,9/kg, Rp1.825/kg, dan Rp5.391,9/kg. Besarnya margin pemasaran pada pola saluran pemasaran II, III, dan IV yaitu Rp10.348/kg, Rp6.000/kg, dan Rp15.280,1/kg. Serta besarnya keuntungan pada pola saluran pemasaran II, III, dan IV yaitu Rp6.942,2/kg, Rp4.175/kg, dan Rp9.888,2/kg. (3) Besarnya farmer’s share pada pola saluran pemasaran I, II, III, dan IV yaitu 100%, 72%, 78%, dan 58%. (4) Pemasaran ayam broiler PS Semar sudah berjalan efisien, dan pola saluran pemasaran yang paling efisien adalah pola saluran pemasaran III (dua tingkat) dengan nilai Π/C dan indeks efisiensi pemasaran 2,1 dan 14,07. Kata Kunci: Ayam Broiler, Efisiensi Pemasaran, Lembaga Pemasaran, Pemasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:48
Last Modified: 04 Dec 2023 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item