KUSUMA, AZMI AULIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (197kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (405kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (290kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (366kB) |
|
Text
5. Abstract.pdf Download (472kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (397kB) |
|
Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (305kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (389kB) |
|
Text
9. Daftar Tabel.pdf Download (387kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (388kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (387kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (438kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (856kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (757kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
17.Daftar Pustaka.pdf Download (429kB) |
|
Text
19. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis yang sangat rendah merupakan masalah yang dialami oleh peserta didik SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi. Video animasi digunakan sebagai media pembelajaran untuk memberikan visualisasi yang menarik dan interaktif guna memperjelas konsep�konsep kompleks yang sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Hukum Gravitasi Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik 247 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 peserta didik dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa post-test. Data yang telah terkumpul di uji dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:48 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11156 |
Actions (login required)
View Item |