PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI DASAR PEMETAAN DI KELAS X IPS MAN 2 GARUT )

Negerina, Gabriela Gilang (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI DASAR PEMETAAN DI KELAS X IPS MAN 2 GARUT ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (838kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (700kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (538kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitan ini yaitu hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi masih rendah masih terdapat nilai peserta didik yang dibawah KKM yaitu sebesar 58. Pada tahun 2021-2022 hampir 70% peserta didik memiliki nilai rendah, hal ini karena banyaknya peserta didik yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran geografi dan masa pandemi yang mengharuskan peserta didik belajar secara daring hal ini juga mempengaruhi pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran geografi materi dasar pemetaan di kelas X IPS MAN 2 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Populasi merupakan seluruh peserta didik kelas X IPS MAN 2 Garut. Sampel diambil sebanyak 41 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa rumus regresi linier sederhana. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji instrument, yaitu uji validitas dan uji realibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran project based learning pada mata pelajaran geografi materi dasar pemetaan pada peserta didik kelas X IPS MAN 2 Garut yaitu: Penentuan pertanyaan mendasar, Mendesain pelaksanaan proyek , Menyusun jadwal, Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek , Menguji hasil. Model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS MAN 2 Garut, yaitu semakin baik penggunaan project based learning maka semakin tinggi hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Dec 2023 00:43
Last Modified: 01 Dec 2023 00:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item