VIDEO AS AN INSTRUCTIONAL MEDIUM IN EFL CLASSROOM: CASE STUDY IN ONE SENIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA

Nurdatin, Mira (2022) VIDEO AS AN INSTRUCTIONAL MEDIUM IN EFL CLASSROOM: CASE STUDY IN ONE SENIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (50kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (308kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (185kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (310kB)
[img] Text
8. CHAPTER I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
9. CHAPTER II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
10. CHAPTER III.pdf

Download (629kB)
[img] Text
11. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
12. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (583kB)
[img] Text
14. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Penggunaan video sering digukan sebagai metode penganjaran bahasa inggris di dalam kelas atau di luar kelas. Hal ini memiliki dampak positif terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan video di kelas Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di Tasikmalaya, Indonesia. Pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara semi terstruktur kepada empat orang siswa Sekolah Menengah Atas yang berada di Tasikmalaya. Data dianalisis menggunakan tematik analisis oleh Braun & Clarke (2006). Berdasarkan analisis yang diperoleh, penelitian mengidentifikasi bahwa para peserta umumnya memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil data analisis menunjukan (a) Berfungsi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan (b) Menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam EFL (c) Memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Berdasarkan analisis yang di peroleh, penggunaan video sebagai alat perantara untuk menyampaikan materi pembelajaran seperti narrative text, descriptives text, accepting an invitation di dalam kelas memungkin siswa dapat mempermudah memahami materi, karena penggunaan video di dalam kelas menjadi kondusif, dan penggunaan video dapat meningkat pronunciation mereka. Selain itu dari sumber yang mereka dapat tentang penggunaan video untuk pembelajaran Bahasa inggris, mereka percaya bahwa penggunaan video dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka sehingga termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Keywords: Video, students' perceptions, EFL classroom

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Dec 2023 00:39
Last Modified: 01 Dec 2023 00:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item