CULTURAL CONTENT AND PEIRCE'S SEMIOTIC PRINCIPLES: AN ANALYSIS REPRESENTATION OF CULTURE WITHIN TENTH�GRADE ENGLISH TEXTBOOK

SALSABILLA, BELLA NADIA (2023) CULTURAL CONTENT AND PEIRCE'S SEMIOTIC PRINCIPLES: AN ANALYSIS REPRESENTATION OF CULTURE WITHIN TENTH�GRADE ENGLISH TEXTBOOK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (306kB)
[img] Text
02. APPROVAL SHEET.pdf

Download (309kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
05. PREFACE.pdf

Download (307kB)
[img] Text
06. ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (407kB)
[img] Text
07. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (196kB)
[img] Text
08. LIST OF TABLES.pdf

Download (184kB)
[img] Text
09. LIST OF FIGURES.pdf

Download (182kB)
[img] Text
10. CHAPTER 1.pdf

Download (17kB)
[img] Text
11. CHAPTER 2.pdf

Download (168kB)
[img] Text
12. CHAPTER 3.pdf

Download (144kB)
[img] Text
13. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
15. REFERENCES.pdf

Download (241kB)
[img] Text
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17.BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Penelitian konten budaya dalam buku pelajaran bahasa Inggris telah muncul sebagai bidang penelitian baru. Pendekatan ini memiliki potensi untuk menggabungkan beragam sistem kepercayaan dari negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris. Representasi budaya dalam buku teks biasanya dicapai melalui kombinasi teks dan ilustrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana konten budaya digambarkan dalam buku paket Bahasa Inggris kurikulum 2013 untuk SMA kelas 10. Metode penelitian ini menggunakan metode konten analisis. Data analisis yang digunakan adalah kerangka analisis Cortazzi dan Jin (1999) dan analisis semiotika menggunakan tanda triadik yang berasal dari teori Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku paket Bahasa Inggris untuk SMA kelas 10 memiliki keempat tipe kategori konten budaya dengan persentase; (1) Source culture 30%, (2) Target culture 16%, (3) International culture 10%, dan (4) Neutral culture 44%. Sedangkan untuk analisis menggunakan prinsip semiotik Peirce, peneliti menemukan konten budaya ditampilkan lebih banyak melalui baju-baju yang ditemui di gambar. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa buku paket Bahasa Inggris untuk kelas 10 SMA memiliki seluruh tipe konten budaya dengan menampilkan konten budaya melalui produk (bangunan atau kota), artifak (seni), dan juga orang (nama). Sedangkan dalam perspektif tanda triadik dalam ilustrasi gambar, dapat disimpulkan bahwa konten budaya ditampilkan melalui ilustrasi orang-orang dengan baju khas yang disatukan dengan teks yang sesuai dengan konteksnya. Kata Kunci: Buku paket, konten budaya, semiotika, tanda triadik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:42
Last Modified: 08 Nov 2023 00:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item