PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT TASIKMALAYA : PENDEKATAN VEBLEN EFFECT THEORY PADA MASYARAKAT PRODUKTIF TASIKMALAYA

BRAHIM, ABIYAKZA DWIPA PUTRA I (2023) PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT TASIKMALAYA : PENDEKATAN VEBLEN EFFECT THEORY PADA MASYARAKAT PRODUKTIF TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 Lembar pernyataan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 Kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 ucapan terimakasih.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08 daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 daftar tabel.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10 Daftar Gambar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11 Daftar Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12 Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13 Bab II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14 Bab III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16 BAb V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
19 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fokus dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif dengan menggunakan pendekatan Teori Efek Veblen. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Dari total populasi 781.395 orang, hanya 382 orang yang dijadikan sampel dalam penelitian ini, penentuan jumlah besarnya sampel berdasarkan proportionate strafied random sampling dengan menggunakan rumus Krejcie dan Morgan. Teknik Analsis data mengguanakan analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis (uji t dan koefisiensi determinasi r2). Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi ekonomi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Tingkat literasi ekonomi yang tinggi dapat membantu individu atau masyarakat dalam membuat keputusan konsumsi yang lebih bijaksana. Sebaliknya, jika seseorang memiliki literasi ekonomi yang rendah, hal tersebut dapat menyebabkan perilaku konsumtif yang tidak terkendali. Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif, Masyarakat, Veblen Effect

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:43
Last Modified: 02 Nov 2023 02:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item