PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GENDER (Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Ciamis)

MAULANA, FIQRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GENDER (Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text
2. LEMBAR PANGESAHAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (444kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (387kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (391kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (612kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (771kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Ciamis yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model make a match berbantuan media monopoli dalam meningkatkan hasil belajar siswa, perbedaan hasil belajar sesuai gender, dan interaksi model pembelajaran terhadap gender pada mata pelajaran ekonomi materi kerjasama ekonomi internasional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain menggunakan desain faktorial 2x2, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ciamis pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 117 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua jalur dengan α 0.05. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan. Dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gender. Kata Kunci: Hasil Belajar, Gender, Make a Match, Monopoli

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:33
Last Modified: 02 Nov 2023 02:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item