PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI GAKE NO UE NO PONYO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SYAFARI, DE ISTRI RAHMI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI GAKE NO UE NO PONYO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (343kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_.pdf

Download (170kB)
[img] Text
3.PERNYATAAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (103kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (7kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR,DAFTAR LAMPIRAN .pdf

Download (724kB)
[img] Text
8. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text
9. BAB 2 TINJAUAN TEORETIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam metode dan alat pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran yang semakin populer adalah film animasi yang mampu menyampaikan pesan-pesan kompleks melalui visualisasi yang menarik bagi peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi Gake No Ue No Ponyo terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep perubahan lingkungan (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 s.d Agustus 2023 di SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment dengan rancangan penelitian posttest-only design with nonequivalent groups. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA (X MIPA 1 – X MIPA 6) dengan total 215 peserta didik. Sampel diperoleh secara purposive sampling didapatkan kelas X MIPA 4 sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar peserta didik dilakukan dengan memberikan 30 soal pilihan majemuk dengan jenjang kognitif C1, C2, C3, C4, dan C5 serta pengukuran dimensi pengetahuan yang meliputi K1, K2 dan K3. Analisis data kedua kelompok dengan program SPSS versi 26 for windows menggunakan uji-t independent pada taraf signifikansi (α) = 0.05 diperoleh harga sig. (2-tailed) < 0.05 (0.000 < 0.05) sehingga Ho ditolak. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa skor rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen sebesar 23.47 lebih unggul dari kelas kontrol yaitu 19.58. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi Gake No Ue No Ponyo terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Perubahan Lingkungan di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata kunci: animasi ;gake no ue no ponyo; hasil belajar; media pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:25
Last Modified: 27 Oct 2023 06:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11002

Actions (login required)

View Item View Item