RIZQIYAH, AGHNIYA BARKAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (191kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (183kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (287kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (675kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (520kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (302kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (568kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (458kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret ditinjau dari disposisi berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subjek ini dilakukan dengan teknik purposive sampling atau pertimbangan tertentu, pertimbangan yang dimaksud yaitu tingkat disposisi berpikir kritis peserta didik. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 9 siswa kelas XI IPA SMA IT Ibadurrohman, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang terdiri dari 3 siswa dengan disposisi berpikir kritis tinggi, 3 siswa dengan disposisi berpikir kritis sedang dan 3 siswa dengan disposisi berpikir kritis rendah. Pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis materi barisan dan deret, dan angket disposisi berpikir kritis yang sudah tervalidasi serta wawancara tidak terstruktur. Soal tes kemampuan berpikir kritis berbentuk soal esai untuk mengukur indikator-indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang dikemukakan oleh Ennis hasil dari penelitian ini adalah 1) Subjek penelitian dengan level disposisi berpikir kritis tinggi (DBKT) memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik ditunjukkan dengan penguasaan keenam indikator kemampuan berpikir kritis matematis. 2) Subjek penelitian dengan level disposisi berpikir kritis sedang (DBKS) memiliki kemampuan berpikir kritis yang beragam, DBKS1 hanya memenuhi 5 indikator dari 6 indikator kemampuan berpikir kritis matematis, dengan indikator yang tidak terpenuhi yaitu fokus terhadap masalah, DBKS 2 memenuhi seluruh indikator, dan DBKS3 hanya memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu fokus terhadap masalah dan mengambil langkah penyelesaian. 3) Subjek penelitian dengan level disposisi berpikir kritis rendah (DBKR) memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu fokus terhadap masalah dan menyatakan benar/tidaknya hasil penyelesaian masalah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Masalah Barisan dan Deret, Disposisi Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 07:13 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 07:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11000 |
Actions (login required)
View Item |