PROSES BERPIKIR MENURUT MASON PADA MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR DITINJAU DARI GENDER

SETIAWATI, TUTI (2021) PROSES BERPIKIR MENURUT MASON PADA MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR DITINJAU DARI GENDER. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
2.Halaman Pengesahan.pdf

Download (466kB)
[img] Text
3.Lembar Pernyataan.pdf

Download (340kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (389kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
17.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir menurut Mason pada miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal aljabar ditinjau dari gender. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes aljabar, wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan soal berpikir aljabar. Subjek penelitian berasal dari dua kelompok gender, siswa kelas X kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMK Negeri Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan miskonsepsi siswa adalah adanya konsep awal (prakonsepsi) yang salah. Proses berpikir menurut Mason pada siswa laki-laki yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal aljabar hanya sampai pada tahap attack. Pada tahap ini SL5 tidak selesai mengerjakan soal sehingga proses berpikir SL5 menurut Mason tidak lengkap. SL5 mengalami miskonsepsi pada tahap attack tepatnya pada aspek maybe, SL5 mengajukan dugaan yaitu dengan membuat perbandingan dari sisi-sisi yang diketahui tetapi salah. Proses berpikir menurut Mason pada siswa perempuan yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal aljabar melalui semua tahapan proses berpikir, tetapi mengalami miskonsepsi pada tahap review tepatnya aspekc check. SP7 tidak mengecek ketepatan perhitungan, hal ini terlihat dari jawaban SP7 yang salah tetapi tidak disadari. Kata kunci: proses berpikir, miskonsepsi siswa, soal aljabar, gender

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:36
Last Modified: 25 Sep 2023 08:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10994

Actions (login required)

View Item View Item