SETIAWATI, TUTI (2021) PROSES BERPIKIR MENURUT MASON PADA MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR DITINJAU DARI GENDER. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (162kB) |
|
Text
2.Halaman Pengesahan.pdf Download (466kB) |
|
Text
3.Lembar Pernyataan.pdf Download (340kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (187kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (160kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (84kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (85kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (389kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (277kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text
17.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir menurut Mason pada miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal aljabar ditinjau dari gender. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes aljabar, wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan soal berpikir aljabar. Subjek penelitian berasal dari dua kelompok gender, siswa kelas X kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMK Negeri Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan miskonsepsi siswa adalah adanya konsep awal (prakonsepsi) yang salah. Proses berpikir menurut Mason pada siswa laki-laki yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal aljabar hanya sampai pada tahap attack. Pada tahap ini SL5 tidak selesai mengerjakan soal sehingga proses berpikir SL5 menurut Mason tidak lengkap. SL5 mengalami miskonsepsi pada tahap attack tepatnya pada aspek maybe, SL5 mengajukan dugaan yaitu dengan membuat perbandingan dari sisi-sisi yang diketahui tetapi salah. Proses berpikir menurut Mason pada siswa perempuan yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal aljabar melalui semua tahapan proses berpikir, tetapi mengalami miskonsepsi pada tahap review tepatnya aspekc check. SP7 tidak mengecek ketepatan perhitungan, hal ini terlihat dari jawaban SP7 yang salah tetapi tidak disadari. Kata kunci: proses berpikir, miskonsepsi siswa, soal aljabar, gender
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:36 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 08:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10994 |
Actions (login required)
View Item |